Photos of black labradors

Black labrador puppy

Black labrador puppy

License

How to use my images

Adult black labrador

Adult black labrador

License

How to use my images

Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bermuka Dua


Foto : lagaligopos.com

CARI MUKA, diartikan sebagai berbuat sesuatu supaya mendapat pujian. Istilah ini biasa dikenal juga dengan bermuka dua orang yang  didepan  dan dibelakang ngomongnya berbeda.

Kebiasaan cari muka atau penjilat itu karena gangguan mental ataupun karena mempunyai keinginan untuk kepentingan dirinya sendiri, dipuji ataupun pingin dipandang lebih oleh pimpinan, tokoh, khalayak umum. Orang yang bermuka dua ini cendrung ingin di istimewakan atau dianak emaskan. Dengan kepercayaan dirinya yang berlebihan ini merasa dirinya orang yang istimewa.
Cari Muka dalam pekerjaan hanya akan menciptakan suasana kerja yang tidak nyaman yang ringan saja jadi tidak selesai selesai apalagi yang berat.

Dalam suatu pekerjaan apalagi yang berhubungan dengan pelayanan public dan atau dalam satu tempat kerja sering kita jumpai rekan kerja yang over atau lebih terkenal dengan ‘cari muka’. Rekan kerja yang malas-malasan saat nggak ada pimpinan  di kantor, begitu ada bos kelihatan orang paling sibuk. rekan kerja yang terbilang sangat aktif cari muka secara gamblang dan blak-blakan. Kebanyakan argumentasi tapi enol persen faktanya. Belum lagi sok-sokan mengerjakan beberapa kerjaan yang sudah menjadi deskripsi pekerjaan kita. Jika bos tidak ada di kantor, kelakuannya balik malas-malasan lagi.Cara ini bisa dikategorikan sebagai cari muka aktif-pasif.

Tanpa kontrol dilakukan secara frontal sekaligus serampangan, tanpa mempedulikan perasaan rekan kerja lainnya. Seringkali menghasilkan konflik antar karyawan—bisa dari divisi yang sama atau berbeda. Lantaran, menyampaikan tutur kata yang kurang menyenangkan atau selalu mengiyakan apa yang disampaikan Atasan. lepas kendali dengan berkata kasar seperti goblok, tidak becus, bodoh dan lain sebagaianya hanya akan menampilkan jati diri orang tersebut. Juga mendekati atasan dengan cara yang tidak fair.

Suka Menyalahkan  Rekan Kerja, orang yang suka cari muka biasanya membuat sensasi mencari tahu karyawan mana yang tidak melakukan pekerjaannya dengan baik. Ketika dia tahu, dia akan memberi tahu atasannya dengan argumentasi yang menawan namun sebenarnya bohong.

Seperti : Harus gini lo......kata pak ini lo….. kata mereka lo…… kata public lo……

Suka mencari masalah mengkambing hitamkan orang lain, banyak tipu muslihat  adu domba dan doktrin yang miring yang hanya menguntungkan sendiri. Tipe orang seperti ini ketika keinginanya tidak disetujui dia akan berputar haluan berbalik menjelek-jelekan dibelakang bahkan memusuhi.

Tidak pernah salah,  tipe orang seperti ini yang sudah kelewat batas ‘over’ mengaku salah aja tidak mampu apalagi  meminta maaf padahal jika ditarik lurus semua maslah berasal dari opini dan argumentasi dia semata.

Merasa paling berjasa dan paling benar, waduh tipe orang seperti ini sudah pasti susah di kasih tau yang benar dan bagus. Orang yang tidak faham awalnya merasa empati lam lama akan menjauh dengan ketidak komitmen dan omong kosong.

Melebihi batas, bersikap seperti pimpinan. Bahkan melebihi dari seorang pimpinan merasa paling berkuasa. 

Berpikiran sempit, akan melakukan tindakan yang sama berulang -ulang, bertahun-tahun tanpa perubahan yang berarti.Tindakan seseorang itu tidak jauh-jauh dari isi kepalanya, dalam artian sudut pandang dan wawasannya. Berbeda dengan orang berwawasan luas akan melakukan tindakan cerdas untuk merubah kehidupannya. 

Bekerjalah sebagaimana mestinya, biasanya seorang atasan yang baik dan benar pasti bisa melihat kinerja yang baik pula. Cari muka di depan bos, fitnah temen satu kerjaan, sebenarnya tidak akan memberikan perubahan yang berarti karena bos Anda adalah orang yang cerdas, berpengalaman menghadapi beragam jenis orang, dia pasti tau mana yang fake dan mana yang jujur.

*berbagai sumber

Post a Comment for "Bermuka Dua"