Photos of black labradors

Black labrador puppy

Black labrador puppy

License

How to use my images

Adult black labrador

Adult black labrador

License

How to use my images

Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerigan Dalam Masyarakat Desa

Kerigan Mengandung Arti Kebersamaan dan Kepedulian Sosial




Masyarakat Jawa khususnya yang berada di pedesaan dalam melaksanakan dan menjalani kehidupan masih sering diliput oleh berbagai tradisi dan adat-kebiasaan yang sudah turun-temurun. Salah satu tradisi yang patut terus dilaksanakan adalah kerigan. Begitu pula dusun yang ada di dalamnya seperti dalam  Lingkungan Rukun Tetangga hingga kegiatan yang lingkup kecil misalnya yang hanya mencakup tiga sampai lima orang.

Kerigan juga bisa disebut sebagai kerja bakti atau gotong-royong dimana dalam satu kegiatan masyarakat desa saling bahu-membahu untuk melaksanakan kegiatan contohnya  dalam merawat membersihkan jalan, ngrinjem irigasi (kerigan wangan), royongan mayu umah, gugur gunung dan sampai hajatan sunatan dan pernikahan istilah lain Duwe Gawe.

Dalam merawat irigasi yaitu ada istilah ngrinjem dan pembagian air untuk area olahan yang membutuhkan aliran air irigasi, tradisi ini masih menggunakan dengan slametan bucu (rasulan uren-uren), terbayang nasi urap lengkap dengan tempe tahu.

Masyarakat secara umum masih memiliki nilai kebersamaan dan kepedulian sosial. Selain itu, tradisi ini juga dinilai mampu menjaga kerukunan, memupuk rasa kebersamaan, dan persatuan karena dilakukan secara kolektif dan keikutsertaan atas dasar kesukarelaan.

Tradisi kerigan di desa yang terus berjalan merupakan bukti konkrit bahwa kerigan tidak lekang dimakan zaman. Masyarakat desa tetap menjunjug prinsip gotong royong dalam setiap sendi kehidupan.  *berbagai sumber


Post a Comment for "Kerigan Dalam Masyarakat Desa"