Photos of black labradors

Black labrador puppy

Black labrador puppy

License

How to use my images

Adult black labrador

Adult black labrador

License

How to use my images

Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siskamling, Sistem Keamanan Lingkungan

 Siskamling  (Sistem Keamanan Lingkungan)

Dalam lingkungan desa dilingkup RW/RT bahkan dikotapun, kita mengenal istilah siskamling atau ronda yang merupakan warisan tradisi turun temurun. Bahkan sampai diera sekarang yang modern siskamling itu tetap lestari tidak mengenal apakah itu masyarakat miskin atau kaya ataupun perbedaan yang lainnya Dalam Pembangunannyapun masyarakat antusias semangat bergotong royong.

Pos Ronda atau istilah nama lain gardu/pos kamling terletak ditempat yang strategis seperti di tengah-tengah kawasan pemukiman dan berada di pintu masuk dan ujung desa yang berbatasan dengan wilayah desa  atau kota setempat. Hal ini bermaksud lebih terkontrol keluar masuknya warga dan atau orang asing, berfungsi dengan maksimal ketika berada di letak pintu masuk dusun,desa dan ujung desa sebagai pembuka dan penutup keamanan desa atau wilayah tersebut.

Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan kontribusi komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat)  dalam rangka dan atau tujuan utamanya ialah menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat serta hal-hal yang tidak di inginkan dan  merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berasaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Dalam pelaksanaan kegiatan ataupun aktivitas Siskamling, dilakukan dengan ronda. Ronda adalah berjalan berkeliling (patroli) untuk menjaga keamanan di kampung / desa setempat baik dengan jalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dan dalam ronda biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap lini perumahan warga yang termasuk dalam kampung / desa bersangkutan. Ada juga yang sambil mengambil jimpitan (berupa beras) yang disiapkan di dalam wadah kecil yang terletak di bagian depan setiap rumah.

Kegiatan siskamling juga mampu menjadi sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, kerukunan dan keharmonisan karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan di ikutsertakan dalam jadwal ronda siskamling dengan penjadwalan/piket giliran........giliran ronda!

Post a Comment for "Siskamling, Sistem Keamanan Lingkungan"